Kamis, 30 Juni 2016

Buaya Muara



 
Buaya Muara ( Crocodylus porosus )






Buaya muara atau bahasa latinnya Crocodylus porosus adalah jenis buaya terbesar di dunia. Dinamai demikian karena buaya ini memiliki panjang tubuh bisa mencapai 12meter termasuk ekor untuk buaya dewasa dengan berat mencapai 200kg.Buaya muara memiliki moncong cukup lebar dan tidak punya sisik lebar pada tengkuknya.Buaya muara memiliki penyebaran terluas di dunia,yaitu dari asia selatan,asia tenggara hingga australia.Karena ukurannya yang besar dan buas buaya muara ini terkenal pernah dan sering memangsa manusia yang memasuki wilayahnya.

Buaya muara ini aktif beraktifitas dan mencari mangsa pada siang dan malam hari.mereka memangsa apa saja yang masuk ke dalam wilayah mereka dari ikan,amfibi,reptilia,burung,mamalia bahkan manusia sekalipun.Buaya muara adalah salah satu buaya yang paling berbahaya bagi manusia.Buaya muara mampu melompat keluar dari air untuk menyerang mangsanya, Bahkan apabila kedalaman air melebihi panjang tubuhnya buaya muara mampu melompat secara vertikal mencapai ketinggian yang sama dengan panjang tubuhnya.Buaya muara menyukai air payau/asin, Oleh sebab itu bangsa australia menamakannya saltwater crocodile (buaya air asin )


Mengingat banyaknya perburuan liar dan populasinya yang terus menurun dan menuju kepunahan, Jenis buaya muara dimasukkan ke dalam hewan dilindungi oleh undang-undang. Untuk mengurangi tekanan terhadap populasi buaya di alam, Berbagai upaya konservasi telah dikembangkan seperti membuat penangkaran buaya untuk dikembangbiakkan. Diindonesia telah banyak tempat-tempat penangkaran buaya dan telah berhasil mengembangbiakkan buaya muara dipenangkaran.
Semoga dengan adanya tempat penangkaran buaya muara ini,Bisa meningkatkan populasi buaya muara agar tidak terjadi kepunahan. Dan semoga anak cucu kita kelak masih tetap bisa melihat dan menyaksikkan secara langsung satwa-satwa exotis seperti buaya muara ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar