Senin, 11 Juli 2016

Varanus Salvadori

Varanus Salvadori atau sering disebut crocodile monitor adalah biawak yang berasal dari Papua. Meskipun disebut crocodile monitor namun sebenarnya biawak ini tidak berkerabat dekat dengan buaya,biawak salvadori adalah salah satu dari 17 jenis biawak yang memiliki ukuran tubuh panjang yang ada diindonesia,diantaranya Varanus timorensis,Varanus prasinus,Varanus indicus,Varanus komodoensis dan Varanus nebulosus (akan dibahas juga diblog saya yang selanjutnya).

Varanus salvadori masuk dalam “Subgenus-papusaurus” hanya salvadori yang ada dalam genus ini. Biawak ini memiliki panjang tubuh sampai ekor mencapai sekitar 4-6 meter yang tentu saja bisa menyamai panjang komodo. Salvadori senang hidup di rawa-rawa mangrove dan pinggiran pantai,biawak ini sering juga dilihat sedang memanjat pohon untuk berjemur atau mencari mangsanya. Warna biawak ini hijau gelap dengan pola totol-totol kuning terang di tubuhnya dengan ekornya yang berwarna belang. Ciri khas biawak salvadori yaitu memiliki moncong tumpul bulat dengan gigi lurus. 
Seperti halnya reptil pada umumnya biawak salvadori hidup melata didarat dan diair,merupakan hewan nocturnal yang aktif mencari makan dimalam hari sedangkan disiang hari waktunya dihabiskan untuk beristirahat dan berjemur disinar matahari.

Salvadori adalah hewan karnivora (pemakan daging) maka dari itu salvadori sangat menyukai makanan seperti ikan,tikus,burung,telur dan mamalia kecil lainnya. Salvadori dapat berlari dengan kencang sehingga kemampuannya ini bisa mempermudah dalam menangkap mangsanya,salvadori juga dibekali dengan cakar yang kuat untuk berburu atau menggali sarang.
Dikarenakan minimnya informasi dan tempat habitat salvadori terpencil di kedalaman hutan tropis papua maka belum banyak yang kita ketahuan tentang kapan musim kawinnya salvadori,meskipun ada sejumlah orang yang mencoba menangkarkannya,namun sulit untuk mengembang biakkannya dipenangkaran.


Varanus salvadori saat ini mendapat ancaman akan kepunahan,kerena ulah manusia yang tidak bertanggung jawab,seperti perburuan liar untuk diambil kulitnya dan semakin menyempitnya wilayah hutan tempat mereka hidup. Oleh karena itu varanus salvadori dimasukkan kedalam hewan yang dilindungi undang-undang negara dan perjanjian CITES. Sekian pembahasan mengenai varanus salvadori atau Crocodile monitor,terima kasih. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar