Sabtu, 06 Agustus 2016

Varanus Prasinus

Varanus Prasinus ( Emerald tree monitor ),kadal yang identik berwarna hijau kebiru-biruan yang menyukai hidup diatas pohon atau Arboreal.kadal yang berasal dari pulau Papua Indonesia ini memiliki ukuran sedang sekitar 75-100cm dengan tubuh yang langsing dan panjang,ini sangat membantu varanus prasinus untuk memanjat pepohonan,dengan ekor yang panjang dan kuat dapat melilit ke dahan untuk pegangan selain dengan kaki mereka. Tidak seperti kadal varanus lain yang menggunakan ekornya untuk mempertahankan diri dari predatornya ,malah varanus prasinus ini membela ekornya. Ketika mereka merasa terancam,mereka lebih memilih melarikan diri melalui vegetasi atau menggigit bila terpojok.


 Varanus prasinus adalah reptil yang hidup berkelompok dengan pejantan dominan dan beberapa betina serta prasinus remaja. Mereka hewan karnivora yang memakan burung,telur,kadal,tikus dan mamalia kecil lainnya. Varanus prasinus adalah reptil dari subgenus Euprepiosaurus,yang masuk kedalam kelompok keluarga prasinus ( Prasinus Complex ) adapun anggotanya yaitu :


-Varanus Beccari ( Kepulauan Aru )
-Varanus Boehmei ( Pulau Waigeo )
-Varanus Bogerti
-Varanus Macraei ( Pulau Batanta )
-Varanus Kordensis ( Pulau Biak )
-Varanus Reisingeri ( Pulau Misool )

Sebagian besar dari kelompok Prasinus complex di temukan di Indonesia timur,yang berhabitatkan hutan-hutan tropis,rawa-rawa,dan hutan mangrove. Menurut penelitan Varanus prasinus berkembang biak dilingkungan dataran rendah,pada masa reproduksi induk betina menghasilkan 5 butir telur,telur-telurnya akan disimpan di dalam sarang rayap,hal ini dikarenakan pada saat menetas anak-anak prasinus akan memakan rayap-rayap tersebut sebagai makanan pertama saat setelah menetas. Telur prasinus akan menetas dalam waktu 160-190 hari.musim kawin reptil ini dimulai dari bulan januari,maret,april,november dan desember. Varanus prasinus dikatakan sudah bisa bereproduksi bila mana berumur kurang lebih satu tahun.



Varanus prasinus sangat menyukai hidup diatas pohon,karena inilah kadal ini disebut hewan arboreal,mereka akan menghabiskan sepanjang harinya hanya untuk memanjat pohon,prasinus aktif disiang hari,mereka setiap harinya berjemur di terik sinar matahari untuk menstabilkan suhu tubuhnya,dikarenakan reptil adalah hewan yang memiliki darah dingin. Mereka dalam kesehariannya hampir tidak turun dari atas pohon,dan menggunakan lubang atau celah pada pohon sebagai tempat tinggalnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar